Info Seputar Karanganyar Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar | Info Seputar Karanganyar

Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar

Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar

Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar5
IG @rjaswa_adiwp
Bumi karanganyar tidak habis untuk di-explore keindahan alamnya. Salah satunya wisata air terjun. Air terjun terbaru yang mulai digarap dan dikenalkan adalah Air terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding. Mungkin ketenarannya belum setenar Air Terjun Grojogan Sewu atau Air Terjun Jumog, namun keindahan alam yang ditawarkan tidak kalah sensasinya. Mulai dari jalan/rute menuju lokasi yang sangat menantang dikarenakan jalan berkelok-kelok dan curam pada beberapa titik. Makanya diperlukan kehati-hatian ketika mengendarai kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil.

Lokasi Air Terjun dan Rute
Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar7
IG @qanita.hr
Lokasi Air Terjun Sewawar dan Sedinding berada di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kedua air terjun ini dibuka untuk umum sekitar bulan September 2015. Kurang lebih 27 km dari pusat kota Karanganyar atau sekitar 60 menit perjalanan. Lokasinya yang cukup jauh dari jalan besar tetapi akses masuk ke lokasi tersebut lumayan menantang jika diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk menuju ke Desa Trengguli dapat ditempuh melalui beberapa pilihan. Pertama, lewat jalur kemuning menuju arah kecamatan jenawi. Akses jalan yang dilalui lumayan mudah karena hanya mengkuti jalan besar dan jalannya masih cukup bagus. Hanya saja jalan naik menuju arah desa gumeng / candi cetho sangat menanjak. Keuntungan melalui jalur ini bisa mampir dahulu ke wisata air terjun jumog, air terjun parang ijo, candi cetho maupun kebun teh kemuning.

Kedua, lewat batu jamus, kerjo, lalu ambil ke arah jenawi. Jika lewat jalur ini jarak tempuh dari Karanganyar lebih dekat dibandingkan melalui jalur kemuning dan jalan tidak terlalu menanjak. Melalui jalur ini Anda akan melewati beberapa kebun karet yang sangat luas, sehingga bisa digunakan untuk berfoto ria.

Ketiga, melalui Kabupaten Sragen ke arah Kecamatan Jenawi. Jalur ini relatif lebih ramai karena sepanjang perjalanan adalah pemukiman warga dan sudah terdapat penerangan jalan. Sehingga membantu jika perjalanan dilakukan di malam hari.

Kedua obyek air terjun ini berada di lokasi yang berdekatan, pintu masuknya pun menjadi satu. Sewawar berlokasi di aliran yang lebih bawah dari Sedinding. Tinggi air terjun Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 15 meter. Sementara itu tinggi air terjun Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 2 meter.

Sewawar lebih mudah dijangkau. Jalurnya cukup mudah, 300 meter dari pintu gerbang. Sementara itu, Sedinding yang letaknya lebih tinggi, bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 700 meter dari gerbang masuk dengan melewati jalan yang sedikit curam namun memiliki pemandangan bukit-bukit yang indah. Selain itu di kanan dan kiri jalan terdapat hamparan kebun pertanian milik warga setempat.

Air Terjun Sedinding
Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar1
Air terjun Sedinding memiliki karakteristik yang hampir sama dengan air terjun yang lain. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 25 meter, terpaut cukup jauh dengan air terjun yang sudah lebih dulu populer yaitu air terjun grojogan sewu dan air terjun parang ijo.

Namun yang unik dari air terjun ini adalah pada bagian dasarnya terdapat kolam alami yang cukup luas. Kolam berwarna hijau ini bisa digunakan untuk berenang atau bermain air karena kedalamannya hanya sekitar sepinggang orang dewasa. Terdapat jembatan bambu pada diatas aliran air dari air terjun yang dapat Anda gunakan untuk berfoto ria. Selain itu disediakan juga ban ban besar untuk pelampung yang bisa disewa untuk berenang.

Untuk bisa sampai di air terjun ini Anda harus berjalan cukup jauh. Diperlukan berjalan kaki sekitar 20 menit dengan trek jalan menanjak dan sebagian besar masih berupa tanah dan batu. Kurang lebih 100 meter dari pintu masuk akan ada papan petunjuk menuju ke air terjun, arah menuju Air Terjun Sedinding terus lurus saja, sedangkan jalan ke kanan adalah air terjun Sewawar.

Air Terjun Sewawar
Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar
Trek untuk menuju air terjun ini tidak terlalu sulit apabila dibandingkan dengan trek menuju air terjun Sedinding. Air terjun Sewawar memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan air terjun lainnya. Air terjun biasanya air hanya jatuh begitu saja dari atas tebing. Namun air terjun Sewawar airnya mengalir melalui tebing batu dengan aliran air yang sangat deras.

Pada bagian atas air terjun hanya berupa sungai yang tidak lebar. Namun karena tebing batu yang dilalui cukup luas sehingga air terjun ini melebar pada bagian bawahnya. Karakteristik air terjun yang unik ini cocok untuk berselfie atau sekedar mengabadikan perjalanan dengan berfoto. Namun jangan lupa tetap berhati hati ketika berfoto di bawah air terjun, karena bebatuan pada dasar air terjun sangat licin.
  
Tiket Masuk
  • Tiket masuk Rp4000
  • Parkir Sepeda Motor Rp. 2.000-, Mobil Rp. 5.000,-

Fasilitas
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Mushola

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Sewawar dan Sedinding Wisata Terbaru Karanganyar"

Post a Comment