Info Seputar Karanganyar Pelatihan Bagi Pembangunan Inklusi Kaum Difable (Disabilitas) Di Kecamatan Karanganyar | Info Seputar Karanganyar

Pelatihan Bagi Pembangunan Inklusi Kaum Difable (Disabilitas) Di Kecamatan Karanganyar

Pelatihan Bagi Pembangunan Inklusi Kaum Difable (Disabilitas) Di Kecamatan Karanganyar

Penyandang cacat atau disable/difable selama ini sering dipandang sebelah mata dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Bahkan perlakuan pembedaan/diskriminasi terhadap penyandang cacat ini masih sering dijumpai baik di dalam kehidupan keluarga, pendidikan, pemerintahan maupun di pekerjaan.

Dalam bahasa inggris penyebutan terhadap penyandang cacat ini disebut dengan 'disability = dis-able = tidak-mampu'. Istilah ini sebenarnya masih mengandung makna pembedaan (stigmatisasi), karena seharusnya ada persamaan hak sesuai dengan kemampuannya. Sedangkan arti 'difable = different-able = berbeda kemampuan'. Hal ini bermakna bahwa orang yang menyandang cacat ini dipandang sebagai orang yang memiliki keterbatasan yang berbeda dengan orang normal. 

Berdasarkan survey, sebagaian besar para penyandang cacat ini mereka juga memiliki keinginan dan kemampuan yang sama dengan orang yang normal pada umumnya, namun hanya berbeda pada hal tertentu saja sebatas cacat yang dimilikinya, sedangkan dalam hal yang lain adalah sama.

Stigmatisasi, diskriminasi dan stereotype kepada para penyandang cacat ini selama ini masih saja terjadi di belahan dunia, baik di negara berkembang maupun di negara maju sekalipun. Dengan adanya stigmatisasi dan diskriminasi selama ini seharusnya ada perubahan pola pikir dan perlakuan terhadap kaum difable.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para pemangku pemerintahan dan tokoh masyarakat yang menjadi peserta pelatihan untuk dapat memberikan pemahaman, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait perlakuan, dukungan dan persamaan hak bagi para difable di masyarakat sehari-hari.

Untuk maksud tersebut maka dilaksanakan pelatihan inklusi pembangunan bagi difable di Kecamatan Karanganyar oleh Lembaga EU & CBM, bertempat di Hotel Aziza Surakarta pada tanggal 11-13 Desember 2017. Kegiatan tersebut diikuti oleh camat, lurah dan LPMK se-kecamatan karanganyar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan Bagi Pembangunan Inklusi Kaum Difable (Disabilitas) Di Kecamatan Karanganyar"

Post a Comment